Selasa, 03 November 2015

Selamat datang di sunankumbul. Dunia ponsel saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat menengah ke bawah. Hampir semua produsen smartphone mengeluarkan ponsel canggih dengan harga yang sangat terjangkau. Seperti LG yang akan merilis Nexus 5X antara oktober - november 2015 tahun ini. Penasaran seperti apa review singkat maupun spesifikasinya ? Simak ulasan berikut!

Review LG Nexus 5X

DISAIN
Nexus 5X bukan termasuk dalam kategori ponsel besar. Dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti pemindai sidik jari (finger scanner), pengisian daya menggunakan sistem USB Type-C, kamera dengan 12 megapixel sama halnya dengan Nexus 6P, layar full HD dan tidak ketinggalan fitur unggulan dari Android Marshmallow yaitu NOW ON TAP. Tapi ini belum semuanya, nexus 5x super ringan karena pelindungnya terbuat dari plastik. Selain itu mungkin ini ponsel pertama yang menerapkan DUAL SIM dengan sistem yang berbeda yaitu GSM dan CDMA.

Review Dan Spesifikasi LG Nexus 5XSemakin banyak perusahan besar yang mengeluarkan 2 versi smartphone unggulan mereka tahun ini, seperti Apple meluncurkan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus sedangkan Samsung masih bertahan pada seri S yaitu Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Sedangkan google meluncurkan 2 model nexus yaitu Nexus 6P dengan layar besar dan harga yang relatif mahal, lalu Nexus 5X dengan layar kecil dan harga yang terjangkau. Meskipun Nexus 5X harganya lebih murah dari pada Nexus 6P tapi dalam hal spesifikasi tidaklah murahan. Dengan ukuran 147 mm x 27.6 x 7.9 mm kita bisa dengan mudah mengoperasikannya dengan satu tangan saja. Dan dengan ukuran 5.2 inci kita juga lebih leluasa untuk memasukkan Nexus 5X ini ke dalam saku maupun tas kecil.

Dalam segi warna sendiri Nexus 5X terdapat bermacam-macam pilihan seperti putih, hitam dan biru. Untuk bahan chasing sendiri Nexus 5X menggunakan bahan dari plastik, jadi kita tidak perlu khawatir terjadi penyok jika terjatuh. Namun dari segi kualitas suara, Nexus 5X terkesan standart kecuali jika kita memakai headphone maka baru terasa kualitas audionya.

Fitur yang mungkin banyak dicari para pengguna ponsel yaitu fitur pemindai sidik jari atau disebut Nexus Imprint. Dalam keadaan screen lock kita bisa membuka kunci dengan meletakkan jari pada area scanner dan otomatis ponsel akan menyala sekaligus unlock. Posisi pemindai sidik jari ini berada di atas tengah  tepat di bawah kamera. Selain berfungsi sebagai pemindai sidik jari, Nexus Imprint juga bisa digunakan untuk membayar atau membeli produk dari play store. Menari bukan ?!

TAMPILAN
Nexus 5X menyuguhkan layar dengan kualitas IPS-LCD 5.2" dengan resolusi 1080 x 1920 pixel (423) dan dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelindung layar. Meskipun belum mendukung tampilan Quad-HD, tetapi masih sangat bagus untuk menikmati berbagai film dengan kualitas tinggi.

Kebanyakan ponsel murah akan memasang layar murah juga, tetapi tidak untuk Nexus 5X. Tampilan layar Nexus 5X memiliki kecerahan 487 nits, lebih tinggi 30 poin dibanding iPhone S6. Jadi meskipun kita berada dibawah sinar matahari, layar nexus 5x masih bisa kelihatan dengan jelas.

KAMERA
Nexus 5X sudah menyematkan kamera belakang dengan 12 megapixel dengan diafragma f/2.0 serta 5 megapixel untuk kamera depan. Dengan kapasitas kamera 12 megapixel mampu untuk merekam video 30 frame per detik dan membuat slowmotion video dengan 120  frame per detik setara dengan smartphone kelas atas yang harganya relatif mahal.

Sistem pengaturan kamera dari nexus 5x ini sudah mengusung sensor dari Sony IMX377 dengan pixel 1.55-mikron dan juga sudah menggunakan sistem Laser Autofokus. Sistem kamera ini juga terdapat pada Nexus 6P. Buat kita yang punya penyakit gemetar saat memegang sebuah benda, kamera pada nexus 5x bisa mengatasinya. Selain itu, dengan sistem ini kita bisa mengambil gambar pada saat kita merekam video. Buat yang demen foto selfie, 5 megapixel saya sudah sangat mantab untuk memotret momen-momen berharga bersama sang pacar.

SISTEM
Di dalam Nexus 5X sudah tertanam prosesor 1.8GHz six-core Qualcomm Snapdragon 808, 2GB RAM, GPU Adreno 418 dan 16 / 32 ruang penyimpanan internal. Namun sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan Slot Micro SD. Ponsel ini sangat cepat karena memiliki chipset yang sama dengan LG G4 dan Moto X Pure. Hampir semua smartphone akan terasa panas jika dipakai untuk main game atau nonton video begitu juga dengan Nexus 5X, akan tetapi tidak seperti Sony Xperia Z3. Spesifikasi yang lain adalah GPS Glonass, Blurtooth 4.2 dual-band 802.11 a/b/g/n Wi-Fi, NFC.

BATERAI
Nexus 5X sudah dibekali dengan baterai 2700mAh. Jadi jika kita penggemar berat game atau suka nonton video, maka kita harus menyiapkan USB Type-C sebagai baterai cadangan. Ponsel pertama dengan Android Marshmallow ini mempunyai Doze Mode. Jadi ponsel akan berada dalam keadaan Sleep jika tidak digunakan dan baterai akan bertahan sampai satu hari. Untuk kecepatan pengisian baterai, Nexus 5X mampu menghasilkan 30% dalam waktu kurang dari 15 menit.

Spesifikasi LG Nexus 5X

LG NEXUS 5X
Kartu Sim
Nano-SIM
Tipe Layar
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar
5.2 inches, 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density) Corning Gorilla Glass 4
Memori
Internal 16/32 GB
Ram
3 GB RAM
Sistem Operasi
Android OS, v6.0 (Marshmallow )
Processor
Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 (Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57)
GPU
Adreno 418
Kecepatan Internet
SPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
Konektivitas
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Bluetooth v4.1, NFC, microUSB v2.0 (SlimPort), USB Host
Kamera Belakang
12 MP, 4608 x 2592 pixels, optical image stabilization, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan
5 MP
Baterai
Non-removable Li-Po 2700 mAh
Fitur
Wireless Charging,  Fingerprint sensor

Share : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 komentar:

  1. kameranya bagus kayanya wajib dcoba nih soalnya ada rencana buat ganti hp ehhehe

    BalasHapus

- Komentar anda merupakan undangan bagi saya
- Link hidup atau mati tidak akan dipublish
- Berkomentarlah dengan bijak sesuai artikel

Terpopuler

Random Artikel